Tuesday 29 December 2015

Joey, Pianis Cilik Asli Indonesia Yang Berhasil Masuk 2 Nominasi Grammy Award


   


  
Josiah Alexandra Sila atau yang akrab disapa dengan Joey adalah bocah 12 tahun yang berhasil masuk 2 nominasi Grammy Award 2016. Dua kategori itu adalah Best Jazz Instrumental Album untuk album solo debutnya, My Favorite Things (2015), dan Best Improvised Jazz Solo untuk lagu berjudul "Giant Steps" dari album tersebut. Pianis muda yang lahir di Denpasar ini mulai bermain sejak diperkenalkannya jazz oleh ayahnya pada usia 6 tahun.
Kepiawaiannya, membuatnya memenangi penghargaan Grand Prix pada kompetisi musik jazz semua umur Master-Jam Fest di Odessa, Ukraine pada saat usianya masih 9 tahun. Kompetisi itu sendiri diikuti 43 musikus dari 17 negara.
Banyak musisi yang telah memuji penampilan Joey Alexander. Bahkan saat penampilannya diacara musik Jazz untuk legenda Herbie Hancock di Jakarta saat Joey masih berusia 8 tahun, banyak  yang telah meramalkan jika Joey akan sukses dengan karir internasionalnya.
Acara itu sendiri merupakan inisiatif dari UNESCO yang dilangsungkan pada Desember 2011. Lalu setahun berselang, Joey Alexander juga tampil di Java Jazz Festival bersama bandnya.
Kesempatan berikutnya saat usianya 10 tahun Joey Alexander diundang untuk tampil dalam Big Apple oleh Wynton Marsalis yang merupakan direktur jazz di New York’s Lincoln Center tepatnya pada Mei 2014. Joey menjelma menjadi maestro jazz dan punya banyak penggemar termasuk Herbie Hancock sendiri. Dan kini kerap diundang di berbagai festival jazz seperti Montreal International Jazz Festival, Copenhagen Jazz Festival, New Port Jazz Festival, Rochester Jazz Festival, Apollo Theater, dan Arthur Ashe Learning Center.
Joey Alexander telah merilis satu album yang berjudul My Favorite Things pada 12 Mei 2015. Album tersebut berisi 9 lagu yang diproduksi oleh pemenang Grammy, Jason Olaine, melalui label Motema Music Harlem.
Kini nama Joey Alexander setara dengan Michael Jackson dan Zac Hanson yang menjadi nominasi penghargaan Grammy diusia remaja. Dengan capaiannya ini pula, Joey Alexander juga tercatat sebagai orang Indonesia pertama yang masuk dalam nominasi Grammy. Jika berhasil memenangkan Grammy pada 2016 mendatang, maka namanya akan terukir sebagai peraih piala Grammy termuda di dunia.

Biodata Joey Alexander
Nama Lengkap : Joey Alexander Sila
Tempat Tanggal Lahir : Bali, 26 Juni 2003
Orang Tua : Denny and Fara Sila
Alamat:
Sejak 2014, Joey dan keluarganya bermukim di New York.
Album :
My Favorite Things (2015) Produksi Motema Music
Track Listing:
1. Giant Steps
2. Lush Life
3. My Favorite Things
4. It Might as Well Be Spring
5. Ma Blues
6. ‘Round Midnight
7. I Mean You
8. Tour De Force
9. Over the Rainbow


0 comments:

Post a Comment