Friday 16 October 2015

Mengupas Selimut Hitam Awam Geisha




Geisha (芸者 "seniman") adalah penghibur tradisional Jepang. Geisha sangatlah popular pada abad ke 18 dan 19 dan masih ada sampai sekarang, walaupun  jumlah mereka semakin menurun. Geisha biasanya disebut dengan Maiko di Kyoto dan Gisha oleh orang Amerika.

Apakah Geisha itu Pelacur??

Geisha bukanlah pekerjaan menjual diri, dalam kata lain mereka bukanlah pelacur. Namun, karena mereka menghibur tamu dengan keadaan pintu tertutup, muncullah banyak spekulasi buruk tentang Geisha. Walaupun memang terkadang ada beberapa Geisha yang memilih untuk melakukan hubugan dengan kliennya sendiri.
Pada orang-orang awam, kata Geisha identik dengan orang yang melakukan prostitusi, sementara sebenarnya mereka bukanlah pelacur. Dahulu kala, ada beberapa wanita muda Geisha yang menjual dirinya kepada orang Amerika untuk mendapatkan uang, karena itulah banyak orang yang menyangka bahwa Geisha itu adalah pelacur, yang sebenarnya bukan.
Pertama kali, yang menjadi Geisha adalah laki-laki, namun seiring berjalannya waktu pekerjaan sebagai Geisha mulai diambil alih oleh para wanita
Geisha secara tradisional dilatih sejak kecil. Para Geisha dewasa biasanya membawa remaja-remaja putri dari keluarga yang miskin dan mengambil tanggung jawab untuk merawat dan melatih mereka, selama masa itu mereka mula-mula belajar cara menjadi pelayan ataupun pembantu rumah tangga sebagai ganti dari uang yang dikeluarkan untuk pendidikan mereka.
Mereka biasanya diajari cara memainkan alat music tradisional Jepang, cara menyanyikan lagu tradisional, cara menari tarian tradisional, penjamuan teh, merangkai bunga, berpuisi dan berbahasa. Dengan memperhatikan dan mencontohi Geisha yang sudah senior, lama-kelamaan mereka menjadi terlatih dalam memakai kimono serta dalam ilmu negosiasi dengan khalayak, khususnya para pelanggan. Setelah itu mereka akan mendampingi para senior untuk berkontribusi dalam acara.
Nah, sebenarnya tujuan saya menulis ini hanya ingin menyingkirkan anggapan bahwa pekerjaan sebagai Geisha adalah pelacur. Sejatinya diri mereka adalah seniman tradisional Jepang yang professional.

0 comments:

Post a Comment