Sunday 27 September 2015

Mengenal Suzuran, sang Misteri di balik sebuah keindahan

Pernahkah kalian membaca buku karya Akiyoshi Rikako yang berjudul “Girls in the dark”??. Jikalau iya, pasti kalian tahu perihal ketua klub sastra (Shiraisi Itsumi) berserta 5 anggota lainnya yang mati karena diberikan air rebusan Suzuran oleh Sumikawa Sayuri bukan?
Nah, pada kesempatan yang kali ini Amira ingin mengupas tuntas info-info yang berkaitan dengan si Suzuran ini. Yuk cekidooot !!
白百合 atau Suzuran (Jepang) a.k.a Lily of The Valley adalah tanaman asli Eropa. Tanaman ini menyukai cuaca yang hangat, dengan tanah yang sedikit berlumpur atau berpasir, dan banyak mengandung humus. Lily of The Valley tumbuh secara bergerombol dengan bunga kecil berwarna putih dengan bentuk menyerupai lonceng, serta mempunyai aroma harum yang menyegarkan. Bunga-bunga tersebut akan menjadi buah dengan warna oranye kemerah-merahan. Karena itu, Liliy of The Valley sering dijadikan sebagai tanaman hias.

Klasifikasi ilmiah
Kerajaan: Plantae
Clade: Angiospermae
Clade: Monocots                                                        
Order: Asparagales
Keluarga: asparagaceae
Subfamili: Nolinoideae
Genus: Convallaria
Spesies: C. majalis
Nama binomial : Convallaria majalis

Lily of the valley adalah sejenis tanaman yang bersifat ‘perennial’ memiliki bentuk yang indah, tanaman ini sangatlah harum dan berbentuk  seperti lonceng lonceng yang bergantungan di setiap tangkainya.. Lily of the Valley termasuk salah satu yang paling indah dalam keluarga lily. Bunga ini aslinya hidup di daerah beriklim dingin di belahan bumi utara di Asia, dan Eropa.

Lily of the Valley juga dapat digunakan untuk keperluan pengobatan, dapat mencegah atau menolak racun, digunakan juga sebagai keperluan pengobatan hati dan epilepsy. Tetapi lily of the Valley ini dapat membahayakan dan menjadi racun jika dikonsumsi dalam jumlah yang banyak. Apabila sampai dikonsumsi secara berlebihan, maka seseorang akan merasakan efek yang ditimbulkan berupa :
·         Gatal-gatal pada mulut
·         Mual luar biasa
·         Muntah-muntah
·         Diare
·         Kram pada seluruh bagian tubuh
·         Kematian

Lily of the Valley diberi arti sebagai lambang kemurnian, kesederhanaan, pesona, kerendahan hati dan juga dipercayai membawa keberuntungan dalam dunia percintaan maka dari itu tidak heran jika bunga ini sering ditemukan dalam penataan untuk bunga2 pernikahan. Karena bunga ini pada umumnya tumbuh di bulan mei maka bunga ini dinobatkan sebagai simbol bunga kelahiran bulan mei.
Lily of the valley memiliki enam mahkota bunga yang bewarna putih, ada juga yang berwarna merah muda namun sangat jarang. Si kembang yang satu ini berbunga pada akhir musim semi dan di awal musim dingin.
Ada juga yang mengatakan bahwa bunga tersebut muncul dari air mata Hawa saat Adam diusir dari surga  dan ada juga yang mengklaim bahwa bunga ini berasal dari cucuran darah St. Leonard selama bertempur melawan naga.
Nama-nama lain dari bunga ini adalah Mei lily, lonceng Mei, dan muguet (Perancis). Di Bulgaria dan Macedonia bunga ini biasa disebut момина сълза /momina.səlza/ dan момина солза yang berarti "air mata gadis itu".
Dalam "bahasa bunga", lily lembah menandakan kembalinya kebahagiaan. Legenda bercerita tentang kasih sayang dari lily lembah untuk burung bulbul yang tidak datang kembali ke hutan sampai bunga mekar pada Mei .


Keren!!
Dikutip dari Merdeka.com, bunga Lily of The Valley menjadi salah satu tanaman hias termahal, dengan harga per-tangkainya mencapai Rp. 500.000. Mungkin karena masa berbunga yang hanya sekali dalam setahun yang menjadikan harga bunga tersebut menjadi mahal. Sehingga yang bisa membelinya adalah orang-orang yang memiliki banyak uang seperti pada pernikahan Pangeran William dan Catherine Middleton pada tahun 2011 silam.

Tahukah kamu??
Pada awal abad ke-20, telah menjadi tradisi di Perancis untuk menjual lily lembah ini pada hari buruh internasional, 1 Mei juga disebut La Fête du Muguet (Lily of the Day Valley) oleh organisasi buruh dan orang pribadi tanpa membayar pajak penjualan (pada hari itu saja) sebagai simbol musim semi.
Lily of the valley ini juga merupakan lambang bunga dari Yugoslavia, dan juga menjadi bunga nasional Finlandia pada tahun 1967.



0 comments:

Post a Comment