Friday 19 June 2015

Si Cantik Yang Menarik “Aurelia Aurita”


Assalamu’alaikum guys!! Hari ini Amira mau ngupas info menarik seputar makhluk Allah yang satu ini nih…. namanya adalah Aurelia aurita *cantik ya. ;)




Aurelia aurita (juga dikenal dengan ubur-ubur bulan) adalah spesies yang dipelajari secara luas dari genus Aurelia. Ubur-ubur ini tembus pandang, biasanya berukuran sekitar 25-40 cm. Ubur-ubur ini makan dengan mengumpulkan medusa (medusa makan medusa??), plankton, dan moluska dengan tentakel, dan membawa mangsanya ke dalam tubuh untuk dicerna. Ubur-ubur ini hanya mampu bergerak terbatas, dan hanyut dengan arus, bahkan ketika berenang.



Subhanallah…… genus Aurelia dapat ditemukan hampir di seluruh lautan di dunia. Secara umum, Aurelia hidup di perairan pantai yang dapat ditemukan di muara sungai dan pelabuhan. Aurelia aurita lebih menyukai laut sedang dengan arus yang konsisten. 

Aurelia aurita dan saudara2nya :p memakan plankton yang mencakup organisme seperti moluska, crustacea, larva urochordata, rotifera, polychaeta muda, protozoa, diatom, telur - telur ikan, dan organisme kecil lainnya. Sesekali, mereka juga terlihat memakan zooplankton.

Maha Besar Allah yang juga membuat medusa dewasa dan larva Aurelia memiliki nematosit untuk menangkap mangsa dan juga untuk melindungi diri dari predator *kecil2 cabe rawit.

Tahukah kamu?? Aurelia tidak memiliki alat pernapasan seperti insang, paru-paru, atau trakea lhoo, karena hewan ini tidak memiliki sitem pernapasan, ekskresi, dan peredaran darah. Spesies ini bernapas dengan difusi oksigen dari air melalui membran tipis yang menutupi tubuhnya.

Aurelia aurita dikenal untuk dimakan oleh berbagai predator, yaitu Mola mola, Penyu belimbing (Dermochelys coriacea), scyphomedusa Phacellophora, camtschatica, dan hydromedusa sangat besar (Aequorea victoria). Ubur-ubur bulan juga dimakan oleh burung laut.

Ubur-ubur Aurelia mati dengan alami setelah hidup dan bereproduksi selama beberapa bulan. Ubur-ubur bulan mungkin jarang hidup lebih dari enam bulan di alam liar, meskipun spesimen yang dirawat di akuarium pameran publik biasanya hidup beberapa sampai bertahun-tahun.





Oh iya… ubur-ubur Aurelia dapat digunakan untuk membuat tepung ubur-ubur yang kemudian diolah menjadi bahan kosmetik. Selain itu ubur-ubur juga digunakan sebagai bahan makanan.

Nah…. bagaimana? Ternyata bukan hanya namanya saja yang cantik dan menarik, akan tetapi semua tentangnya jyga menakjubkan. Maha kuasa Allah… J

0 comments:

Post a Comment