Monday 29 February 2016

Alasan kenapa sekarang NYONTEK tidak dibutuhkan






Guys…. Apakah kalian pernah menyontek pada ulangan atau ujian??? Yah… kayaknya sih semua pembaca di sini pernah melakukan hal tersebut. Jangankan orang lain, jujur gue juga pernah nyontek. Selama SD gue selalu nyontek dengan si Rangking 1 di kelas dan berbuat curang. Namun, sejak SMP hingga sekarang (SMA) Alhamdulillah kebiasaan tersebut udah gue hapus dari dunia gue, bukan hanya nyontek, bahkan untuk ngeliat pemandangan dari jendela pas ujian aja terasa jantung gua disco2 gak jelas gimanaaaa gitu :V . Yah… itulah pengalaman pahit yang merupakan bagian dari masa kecil gue.
Nah…. Seperti gue juga, kalian pasti tau bahwa nyontek/ berlaku curang itu dosa kan??? Gak baik kan?? Nah… kalo tau kenapa gak loe berhentiin?? -_- inilah manusia. Udah tau itu gak boleh… eeeeeeh malah diikutin. mulai dari kertas contekan di kaos kaki, dibalik baju, dalam kotak pensil dan gaya menyontek unik lainnya *creative. Apa coba yang loe dapat dari nyontek? Jawaban benar? Percuma. bahkan yang ngeselin orang yang nyontek sama elu malah dapet nilai lebih tinggi dari elu... Kan Bangke.... -_- 

Menurut gue, sekarang yang namanya “curang” atau “nyontek” itu kagak jamannya lagi. Sekarang adalah masanya “kejujuran” bangkit. Kenapa???

1.                  Sekarang udah pakai Kurikulum 2013
Guys, kebanyakan sekolah sekarang mulai diterapkan kurikulum 2013 yang berbasis akhlak, jadi yang dinilai lebih adalah akhlak. Selain akhlak, keaktifan di kelas dan kemampuan memahami juga bakalan dihitung. Berdasarkan pengalaman gue, bahkan sekarang banyak guru yang engga mau ngambil nilai ujian karena udah tau nilainya bakalan engga murni dan atau cuma ngambil nilainya dikit. Intinya nilai ujian gak bakalan ngaruh untuk nilai raport loe.

2.                 Penelitian mengatakan orang yang berlaku jujur lebih sehat dan bahagia
Eeeeeeeeeh?? Beneran tuh?? Yop bener guys. Kalo gak percaya coba buka link ini. Penelitian telah membuktikan bahwa orang yang sering jujur jauh lebih sehat dan bahagia. Kenapa?? Udah jelas dong, dengan jujur ia gak bakalan takut dosa --- ga mikirin dos --- ga kebawa pikiran --- gak stress --- gak sakit. Kalo orang nyontek pasti akhir2nya kecewa dan selalu merasa engga puas terhadap nilainya, karena dia tahu tuh bahwa nilainya bukanlah hasil jerih payahnya sendiri.
Misalnya aja, “Wah Bunga….. keren!! Dapet rangking 3 selalu ya… pasti udah belajar dengan rajin”. ***rajin belajar nyontek maksudnya??. Wah… nyesekk tuh. Loe gak bisa ngapa-ngapain dan nge-iya-in aja perkataan orang.
Sementara orang yang jujur pasti jauuuuuuuh lebih puas walaupun dia cuma dapet rangking 10, kenapa?? Karena itu hasil jerih payahnya sendiri. :) Prokk prokk prokk (y)

3.                 Kejujuran bakalan membuatmu lebih sukses
Gue udah ngebuktiin!! Ceritanya gini… dulu gue kelas 1 SMP dan Alhamdulillah dapet rangking 1 (tanpa kecurangan). Kawan ane yg rank 2 setiap ujian dia nyontek lewat hp, kopekan, dan hal-hal tidak terduga lainnya gak pernah ngedahuluin ane dalam ujian semester. Walupun, kalo di UTS dia yang selalu rangking 1 (gue 2), tapi kalo Ujian Semester gue yg 1. Kenapa?? Karena gue jujur dan guru paling suka sama murid yang jujur dan nurut kayak gue *gak bermaksud bangga (walaupun iya :v). Bahkan wali kelas gue kalo masalah ngambil barang/ uang di laci/tasnya itu gak pernah dikasi tugas ke yang lain kecuali gue. Gue yang selalu disuruhnya untuk ngambil sesuatu, karena apa?? Gue jujur.
Berkat kejujuran itulah yang telah membuat gue rangking 1 dari SMP sampe sekarang, berturut-turut. Dan dengan jujur, gue bangga banget untuk menjadi anak yang bisa dipercaya orang. Dan yang paling enaknya lagi kalo elo jujur, pas ujian mata pengawas (guru) gak bakalan ada yang ke elo. 100% pure. Kejujuran juga dapat memotivasi kita untuk bekerja lebih baik lagi. Motto… motto… motto…!!!!!

4.                 Dengan jujur kita bisa isseki nicho (killing 2 birds in one shot)
Guys, dengan jujur kamu bakalan sangat beruntung. Kenapa? Inilah perbedaan orang tukang nyontek dengan orang jujur.
Tukang nyontek : Lalai saat pelajaran karena dia bisa nyontek pas ujian, selesai ujian Cuma ngecocokin jawaban yang dia sendiri enggak tahu maksudnya
Orang jujur : Dapet ilmu, nerapin ilmu, nambah ilmu. Kenapa nambah ilmu?? Orang yang tidak bergantung kepada orang lain adalah orang yang memiliki keinginan sangat kuat sehingga bila ia salah dalam melangkah, maka ia akan mencari cara agar tidak salah lagi dalam langkah selanjutnya, sehingga ia akan menjadi lebih berpengalaman.
 ----------------------------------------------------------------------------------------
Nah, guys gimana?? Masih ingin nyontek?? Cerita di atas itu kisah nyata lho… beneran. Serius. Mulai sekarang yuk tinggalkan kebiasaan berpangku tangan kepada orang lain dan melatih diri untuk menjadi mandiri, rajin, dan pandai dengan menerapkan sifat jujur ini!! :) 
Oh iyaa… ada beberapa gambar menarik dari metode nyontek kreatif nih…. Memang sih kreatif, tapi jangan buat nyontek juga dong :V. Mitee.... gara2 supaya gak ada yang nyontek sampai2 digituin.... Guru kreatif nih :D









2 comments: