Tuesday 16 June 2015

Memanfaatkan Keberkahan Bulan Ramadhan




Yupz.. beberapa hari lagi kita akan memasuki yang namanya bulan Ramadhan a.k.a puasa. Di bulan yang penuh berkah ini daripada nongkrong dan istirahat gak jelas mending melakukan kegiatan yang bermanfaat dan kalau bisa menghasilkan uang jajan (lumayan untuk lebaran :p). Nah, kali ini Amira akan memberikan info mengenai hal-hal yang dapat kita lakukan pada bulan Ramadhan ini :). Yuk cekidot…


1.             Mengaji

Kegiatan yang satu ini emang seharusnya kita lakukan. Dan, kalau aku nggak tulis disini kurang lengkap rasanya. Bagai sayur tanpa mangkok :v. Makannya susah. Nah, daripada kalian nanti selama bulan Ramadan tidur dengan sepenuh hati dari pagi sampe sore, mendingan ngaji deh J

Kalau pahala apa yang akan di dapat, sebagai umat islam pastinya kita udah pada tahu. Lumayan loh, selama kita berpuasa selama 30 hari kita ngaji minimal satu surat, atau satu ayat. Kayak sarannya Ustad Yusuf Mansur.


2.            Membaca

Membaca adalah jendela dunia. Ungkapan yang kita tahu sangatlah benar. Makannya jangan ragu lagi buat baca-baca. Asalkan kalian nggak nyari-nyari jendela pas kalian lagi baca :v. Aku jamin ggak bakalan ketemu. Aku udah nyoba soalnya.

Membaca juga menambah pengetahuan kita. Apalagi kalau kita baca status orang yang kamu taksir, bisa nambah ilmu mengetahui apakah dia sudah ada yang punya atau belum *gurau je. Aku saranin sih daripada baca status mending baca novel ajah, kenapa? Ya nggak papa sih. Kali ajah setelah baca novel kita jadi termotivasi untuk membuatnya.
Atau kamu bisa membaca ulang pelajaran sekolah, bisa aja hal yang kamu pelajari berguna untuk materi yang akan datang.

Tapi yang paling bagus itu membaca isi kandungan Al-Qur’an dan Biografi tokoh-tokoh Islam. Selain bisa menambah wawasan keagamaan, juga Insyaa Allah dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita kepada ajaran Islam.

Tapi yang paling bagus itu membaca isi kandungan Al-Qur’an dan Biografi tokoh-tokoh Islam. Selain bisa menambah wawasan keagamaan, juga Insyaa Allah dapat meningkatkan ketaqwaan dan keimanan kita kepada ajaran Islam.

3.            Nge-Blog

Memang bermanfaat? Oooh tentu dong, asalkan isi blognya yang positif, contohnya isi tentang cara menghafal Al-Qur’an, Info tentang ibadah, dll. Jangan sampai isinya hal yang bisa ngebatalin puasa kamu kayak nge-post gambar makanan wueenak tenan dan lainnya :v, kalau gitu sih, bisa-bisa bikin makin laper.

O iya, dengan nge-blog kita juga bisa menambah keterampilan dalam menulis. Jadi nanti kalau udah masuk sekolah lagi, tugas bahasa Indonesia bakalan kelar dengan cepat dan dapat hasil sempurna J.

4.            Jadi relawan pemukul bedug magrib

Setiap bulan Ramadan tiba, yang paling ditunggu-tunggu selain lebaran adalah bedug magri atau sirine buka puasa. Walaupun kita tahu selain bedug magrib ada yang paling orang-orang tunggu, yaitu hasil akhir SEA GAMES. Tapi menurutku sirine itu relative. Hanya sebagian orang (spesial) yang nunggu magrib. Yah, mereka yang lagi puasa.

Bedug magrib nggak tiba-tiba bunyi sendiri, tapi ada yang bunyiin. Ada yang memukul bedug tersebut. Nah, pasti yang mukul itu orang bukan jin atau suster ngesot.. Soalnya setan ga bakalan berkeliaran di bulan suci ini.

Butuh relawan untuk memukul bedug atau menekan tombol sirine tersebut. Kalau nggak merbot masjid ya penjaga mesjid. Iya, gue juga tau itu sama ajah. Nah, kalian bisa gantiin merbot buat mukul bedug masjid. Yah, itu juga hal positif kok, siapa tahu merbotnya lagi sakit kan kalian bisa gantiin dia. Sekalian bersiin masjidnya.  


Semoga Puasanya Lancar J

2 comments:

  1. Etzzz...
    Ada yg lupa ni amira di bulan puasa alangkah baik a melaksanakan solat2 sunah untuk mengisi wktu2 luang ketika puasa.
    ;-)

    ReplyDelete
  2. hehe... iya. itu juga. (y)

    ReplyDelete